5 Tips & Trik Belajar Bahasa Inggris Dasar Untuk Pemula

5 Tips & Trik Belajar Bahasa Inggris Dasar Untuk Pemula

Futatsunonamae –┬áBahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang harus dikuasai. Ini karena bahasa Inggris adalah bahasa resmi di 53 negara di seluruh dunia. Dengan menguasai bahasa Inggris, Anda dapat berkomunikasi dengan mudah dan fleksibel dengan orang asing di luar negeri.

Apalagi di era internet sekarang ini, hampir semua orang menggunakan bahasa Inggris. Tentu saja, Anda akan kesulitan menemukan informasi jika Anda tidak menguasai bahasa Inggris.

Hal yang sama juga terjadi di dunia kerja. Seseorang yang fasih berbahasa Inggris bisa mendapatkan nilai yang lebih tinggi. Ada peluang besar untuk memajukan karir Anda ketika Anda menjadi seorang ahli.

Belajar bahasa Inggris dasar dari awal, apakah Anda terlambat?

Banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan dengan menguasai bahasa Inggris. Tetapi bagaimana jika bahasa Inggris Anda masih nol?

Anda mungkin bertanya-tanya apakah sudah terlambat jika Anda belajar bahasa Inggris dasar. Bisakah kamu menyusul?

Jawabannya tentu bisa! Ada beberapa trik yang bisa Anda terapkan untuk segera mahir berbahasa Inggris. Bahkan untuk pemula, trik ini mudah dilakukan dan akan membantu Anda memulai dengan cepat. Apa saja tips dan trik dari kampung inggris.

1. Pertama, tentukan motivasi dan tujuan Anda untuk belajar bahasa Inggris

Tanpa motivasi atau tujuan yang ingin dicapai, Anda mungkin tidak merasa antusias selama proses pembelajaran. Untuk ini, sangat penting untuk mengetahui apa motivasi dan tujuan Anda.

Apakah Anda bercita-cita untuk belajar di luar negeri? Apakah Anda ingin kenaikan gaji dan posisi? Atau apakah Anda sedang mencari mitra asing? Apapun itu, pastikan untuk menetapkan tujuan Anda. Dengan cara ini kamu akan lebih semangat saat belajar!

2. Membaca buku dalam bahasa Inggris dari yang paling ringan

Untuk mempelajari kosakata baru dalam bahasa Inggris, Anda perlu sering membaca. Tidak perlu membaca buku tebal, kamus atau koran berbahasa Inggris. Itu terlalu berlebihan untuk pemula.

Mulailah membaca buku yang paling Anda sukai. Apakah Anda suka membaca komik? Carilah komiknya yang versi bahasa Inggrisnya, agar Anda sudah tahu plotnya dan lebih mudah untuk memahaminya.

3. Belajar bahasa Inggris dasar dengan lagu yang Anda dengarkan

Hampir semua orang ingin mendengar lagu itu dan menyanyikannya. Jika selama ini Anda hanya mendengarkan dan menyanyikan ulang lagu asli setiap kali Anda mendengar lagu dalam bahasa Inggris, mulailah memperhatikan lirik dan pengucapan setiap kata.

Jika bisa, temukan lagu yang paling Anda sukai dan tulis ulang liriknya berdasarkan apa yang Anda dengar. Setelah selesai membuat catatan, periksa lirik lagu di Internet dan sesuaikan dengan nada sebelumnya. Lihat kembali bagian mana yang benar dan mana yang salah.

Anda juga bisa mengecek arti lirik lagunya. Jadi, selain menyanyikannya, kamu juga bisa memahami lagu yang kamu suka.

4. Tonton film lain dalam bahasa Inggris

Jika sebelumnya Anda pernah belajar melalui lagu, kini saatnya belajar bahasa Inggris dasar dari film. Jika selama ini Anda sudah menonton film dengan teks film Indonesia, mulailah mengubahnya menjadi bahasa Inggris.

Namun tidak perlu menonton film berbahasa Inggris dengan cerita yang rumit. Anda bisa mulai dengan pertunjukan cahaya, seperti film animasi untuk anak-anak. Selain cerita ringan, kosakata yang digunakan juga ditujukan untuk anak-anak. Sehingga bahasanya lebih sederhana dan Anda bisa mencernanya dengan lebih mudah.

5. Mainkan game online

Bermain game online tidak selalu berdampak negatif. Di beberapa game online, Anda dapat terhubung dan berkomunikasi dengan berbagai orang di seluruh dunia. Beberapa game online yang bisa dicoba antara lain Dota 2, World War Craft, Fortnite, dan Vain Glory. Untuk kamu yang gemar bermain online, jangan lupa gunakan fitur chat untuk belajar!