9 Jenis Jamur Konsumsi Yang Aman Dikonsumsi Manusia

Jenis Jamur Konsumsi Yang Aman Dikonsumsi Manusia

Futatsunonamae –┬áJamur, saat ini sudah menjadi makanan sehari-hari, tidak seperti dulu. Sekarang pun, banyak jenis-jenis jamur yang dijual di pasar. Mulai dari yang berbentuk bulat, berwarna coklat, hingga yang bentuknya kecil-kecil. Jamur menjadi alternatif untuk mereka yang vegetarian. Karena selain rasanya yang lezat, jamur mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Dari sekian banyak jamur yang ada, jamur apa yang paling sering kamu makan? Jamur tiram, kuping, atau enoki? Sebenarnya jamur konsumsi ada apa aja sih?

Faktanya, ada banyak jamur yang bisa kamu konsumsi, seperti di bawah ini.

1. Jamur Kuping

Jamur kuping memiliki beberapa varian seperti jamur kuping putih, jamur kuping hitam, dan jamur kuping merah. Cara tepat menyajikan jamur ini adalah dengan mencampurkannya ke dalam sop atau tumisan.

Jamur kuping mempunyai manfaat untuk mengatasi panas dalam, menurunkan tekanan darah tinggi, dan mengatasi penyumbatan dalam pembuluh darah.

2. Jamur Tiram

Siapa yang suka jamur tiram crispy? Ya, jamur ini cukup familiar di pusat jajanan karena rasanya yang lezat jika dibalut tepung. Selain itu, jamur tiram juga enak ditumis loh.

3. Jamur Enoki

Nah, kalau jamur yang satu ini jamur yang bentuknya cukup unik ya! Berbeda dengan jamur lainnya yang biasanya berkelopak besar, jamur enoki justru sebaliknya. Bentuknya seperti kepala korek dan tumbuh berrgerombol. Khasiat utama dari jamur enoki adalah melancarkan buang air besar dan menyehatkan pencernaan.

Kalau kamu berniat untuk membudidayakannya juga bisa kok! Baca di sini: Cara Mudah Budidaya Jamur Enoki di Indonesia untuk Pemula

4. Jamur Merang

Untuk masakan rumahan, mungkin jamur merang ini sangat jarang digunakan atau bahkan sama sekali tidak digunakan. Tapi, untuk restoran yang menyajikan makanan seperti cream soup, jamur merang adalah bahan utama karena teksturnya yang lembut.

5. Jamur Kancing

Sama seperti namanya, jamur kancing berbentuk seperti kancing yang berwarna putih. Jamur kancing biasanya dijadikan sebagai tumisan sayur yang seringkali dijumpai pada Chinese food.

Manfaat jamur kancing adalah menambah jumlah sel darah merah. Karena di dalamnya terkandung asam folat. Kemudian, jamur kancing juga bisa menurunkan kolesterol dan menangkal radikal bebas.

6. Jamur Shimeji

Sekilas, bentuk jamur ini sama dengan jamur enoki. Hanya saja, tangkainya lebih pendek dan kepalanya berwarna coklat. Jamur shimeji biasanya diolah menjadi tumisan atau dimasak kemudian disiram dengan saus.

Mengkonsumsi jamur shimeji dapat mengatasi nyeri ulu hati, masuk angin, dan meriang. Selain itu, buat kamu yang sedang menjalankan program penambahan massa otot, mengkonsumsi jamur shimeji bisa menjadi alternatif makanan yang bagus buat kamu.

7. Jamur Shitake

Jamur ini berasal dari Jepang dan telah dibudidayakan secara turun menurun di Tiongkok. Maka tidak heran, jika harga jamur shitake cukup mahal. Namun, ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan mengonsumsinya, yaitu melancarkan sirkulasi darah, menyehatkan jantung, dan menurunkan kolesterol.

8. Jamur Matsutake

Ini adalah jamur premium karena hanya ditemui saat musim gugur. Jamur matsutake memiliki rasa yang khas. Cukup dengan memanggangnya sebentar, kamu dapat menikmati kelezatan dari jamur ini.

9. Jamur Truffle

Bentuk jamur truffle memang tidak menggugah selera. Tapi, apa kamu tahu kalau jamur truffle adalah jamur premium dan langka? Mendapatkan jamur truffle sangatlah susah. Oleh karena itu harganya sangat mahal. Kamu bisa menemukan jamur truffle ini di restoran bintang lima.

Nah, itu dia jenis-jenis jamur konsumsi yang bisa kamu nikmati. Kalau kamu, sudah pernah makan jamur yang mana?

Mau belajar budidaya lainnya dengan mudah? Yuk, belajar di sini!