Cara Membuat Lemari Pakaian Dari Tripleks

Cara Membuat Lemari Pakaian Dari Tripleks

Futatsunonamae –¬†Anda bisa membuat lemari pakaian sendiri di rumah. Triplek, atau yang lebih sering dikenal dengan multiplexing, menjadi pilihan yang populer di kalangan orang-orang saat membuat furniture rumah tangga. Selain ekonomis dibandingkan kayu jati, multipleks memiliki ketahanan yang kuat terhadap retak, tikungan, dan belokan. Seiring perkembangan zaman, jenis triplek didesain dengan beberapa keunggulan khusus, seperti tahan air, kemampuan menyerap suara, dan permukaan yang artistik. Triplek biasanya terbuat dari kayu pinus, sungkai dan sengon.

Selain kelebihan tersebut diatas, triplek juga memiliki kekurangan yaitu tidak tahan terhadap kondisi cuaca ekstrim, sehingga pada saat menggunakan triplek tidak memungkinkan untuk memproduksi furniture rumah di luar ruangan. Selain itu, diperlukan tingkat akurasi penyelesaian yang tinggi untuk memastikan hasil yang memuaskan. Namun, Anda tidak perlu khawatir dengan kekurangan triplek ini, karena ada cara untuk mengatasinya.

Langkah-langkah dalam produksi alat, bahan dan produksi:

Untuk membuat lemari pakaian jati Playwood, Anda membutuhkan bahan-bahan berikut. :

  • Multipleks 18 milimeter tebalnya sampai 3 lembar,
  • Satu lembar triplek setebal 6 milimeter,
  • Lem putih dan lem kuning
  • HPL / decosite / melamine / sungkai untuk finishing,
  • Sekrup sepanjang 5 atau 8 inci
  • Sendok teh atau engsel kupu-kupu,
  • Rel laci.

Selain bahan-bahan di atas, peralatan berikut harus disiapkan untuk digunakan:

  • Bor listrik,
  • Palu,
  • Besi siku,
  • Meter,
  • Pensil kayu sebagai spidol.

Cara membuat lemari pakaian mewah:

1. Pada langkah pertama, buat sketsa lemari pakaian dua pintu di atas kertas dengan ukuran standar berikut:

  • Lebar sisi 60 cm
  • Lemari depan 120 cm
  • Tinggi 200cm

2. Siapkan tiga (3) keping multipleks setebal 18 mm di sisi-sisi lemari. Persingkat panjang dan lebarnya menjadi 200 cm x 60 cm. Ketiga plywood ini digunakan untuk 2 bagian luar dan 1 bagian dalam / sekat. Kurangi 15 cm plywood bagian dalam, yang nantinya akan diaplikasikan ke bagian bawah kabinet.
3. Siapkan dua triplek masing-masing berukuran 120 cm x 60 cm, untuk alas dan atasnya.
4. Tambahkan komponen lemari pakaian sesuai keinginan.
5. Pasang bagian gantungan, rak dan laci dengan lem dan sekrup dengan bor listrik.
6. Potong kayu lapis 4mm di bagian belakang dan kencangkan dengan paku.
7. Buat pintu lemari pakaian sesuai ukuran dan potong. Setelah pemasangan, pasang pintunya. Tambahkan cermin, engsel, dan kunci.
8. Gunakan cat HPL untuk mendapatkan hasil akhir yang sempurna.

Memotong kayu lapis kayu lapis

Diperlukan teknik pemotongan triplek yang benar agar hasilnya rapi dan rata. Permukaan luar plywood dapat terkelupas dan menyebabkan hasil yang tidak dimodifikasi jika tidak dilakukan dengan hati-hati. Sebaiknya gunakan gergaji lurus untuk memotong triplek agar hasilnya rapi dan sempurna.

Gunakan gergaji khusus

Gergaji reciprocating adalah pemotong kayu lapis / kayu lapis multipleks yang sesuai. Untuk menggunakan gergaji meja bundar, letakkan permukaan kayu lapis yang rata di atasnya. Dan untuk penggunaan gergaji bundar portabel, permukaan rata dari triplek berada pada posisi yang lebih rendah.

Potong bagian luar kayu lapis

Untuk mendapatkan garis potong yang rapi, pertama ampelas bagian luar triplek. Caranya sebelum memotong triplek potong menjadi satu bagian dengan panjang dan lebar 10 mm.

Masukkan selotip di sepanjang garis potong

Sebelum memotong, rekatkan selotip di sepanjang garis potong kayu lapis. Hal ini dilakukan agar lapisan vinil triplek tidak mudah terkelupas sehingga memberikan potongan yang rapi tanpa merusak lapisan vinil. Tip ini cocok untuk pemotongan skala kecil agar hemat waktu.

Dasar kayu

Selain menggunakan pita perekat, Anda juga bisa menggunakan kayu sebagai alas untuk memotong triplek agar hasilnya bersih. Kayunya memiliki struktur yang kuat, sehingga mampu menahan serat agar tidak retak. Gunakan kayu solid tepat di bawah papan tripleks sebagai alas.

Jangan memotong kayu lapis searah dengan benang kayu lapis, karena dapat menyebabkan potongan yang kasar dan tidak terawat. Selain itu, perhatikan bagian luar triplek agar irit pemotongan. Buat pola sebelum memotong. Untuk menghemat waktu, potong semua yang berukuran sama menjadi satu bagian.Tips di atas bisa Anda lakukan bersama teman-teman untuk membangun dan mendesain kabinet sesuai dengan ide dan kebutuhan Anda. Demikian tips dari kami, semoga bermanfaat ya guys.