Cara Memperkuat Sinyal Wifi

Cara Memperkuat Sinyal Wifi

Futatsunonamae –┬áJaringan wifi semakin gencar dipromosikan sebagai cara mendapatkan koneksi internet terbaik,. Makanya semakin banyak yang menggunakannya di rumah. Sayangnya masih terkendala lambatnya koneksi terutama jika perlengkapan wifi diletakkan di dalam rumah. Lantas bagaimana cara memperkuat sinyal wifi di dalam rumah tersebut?

5 Cara Memperkuat Sinyal Wifi Di Dalam Rumah

Jangan selalu menyalahkan operator atau provider usai jaringan wifi di rumahmu terpasang, kamu juga bisa menyiasatinya dengan cara yang tepat. Cobalah salah satu atau beberapa dari lima cara berikut, supaya sinyal wifi semakin kuat dan berinternet di rumah jadi lebih memuaskan.

1. Letakkan Di Tempat Tepat

Kamu bisa mencari posisi yang tepat dari router wifi, usahakan tidak dibatasi terlalu banyak tembok dan pastikan menempel di dinding pada jarak yang cukup tinggi. Agar jalur sinyal bisa lebih lancar.

2. Jangan Dekat Alat Elektronik

Microwave, kulkas, dan lainnya bisa jadi penyebab buruknya sinyal wifi kamu, jadi cara memperkuat sinyal wifi yang jauh berada di dalam rumah adalah upayakan menempatkan router jauh dari peralatan elektronik. Karena bisa saja terjadi benturan frekuensi, dari panas yang dihasilkan alat elektronik dengan frekuensi gelombang wifi.

3. Pakai Kaleng Bekas

Terdengar sepele, tapi sudah banyak yang membuktikan bahwa dengan meletakkan potongan kaleng diantara antena router bisa memfokuskan sinyal yang datang. Sehingga lambatnya sinyal bisa teratasi.

4. Keamanan Berlapis

Kamu juga bisa membuat pengamanan berlapis, dengan membuat password untuk wifi tersebut, sehingga tidak bisa digunakan bebas oleh siapa saja. Sebab semakin banyak pengguna akan makin lambat sinyal wifi, sebab penyebaran sinyal yang terjadi menjadi tidak fokus pada satu perangkat saja

5. Restart

Lakukan restart secara berkala pada router wifi, gunanya untuk memperbaiki kualitas sinyal. Karena terkadang bisa terjadi hambatan pengiriman sinyal, sehingga saat dilakukan restart maka pengiriman sinyal ke router akan kembali normal. Cara ini sama dengan cara memperkuat sinyal wifi hotspot yang terkadang bermasalah.

3 Cara Memperkuat Sinyal Wifi Pada HP

Ketika kamu punya wifi di dalam rumah, tentu akan dimanfaatkan bukn hanya untuk menonton televisi tapi juga untuk browsing menggunakan HP. Agar HP bisa menerima sinyal terbaik dari wifi tersebut, bagaimana cara memperkuat sinyal wifi di HP tersebut?

1. Settings Advanced

Manfaatkan fitur yang ada pada HP kamu, salah satunya dengan membuka menu settings, kemudian kamu pilih wifi dan lanjutkan dengan menggunakan fitur advanced. Jadi ketika jaringan wifi memburuk, HP kamu tetap bisa memaksimalkannya sesuai kemampuannya.

2. Pakai Aplikasi Sinyal Kuat

Jika ingin yang tidak ribet, kamu tinggal download aplikasi penguat sinyal yang banyak tersedia pada platform seperti Google Play Store. Jadi saat kamu mengalami sinyal buruk dari koneksi wifi, aplikasi bisa memaksimalkannya dengan berbagai fitur yang bisa digunakan.

3. Hindari Casing Tebal

Walaupun tidak semua casing tambahan merusak sinyal wifi yang kamu butuhkan. Tapi pada beberapa kasus, casing justru memperparah koneksi internet karena bahan yang digunakan. Makanya berhati-hati saat memilih casing, usahakan memilih yang berbahan plastik saja.

Itulah 8 cara memperkuat sinyal wifi yang paling banyak dipakai orang, ketika meletakkan routernya di dalam rumah dan menangkap sinyal dari HP. Jangan berhenti mencoba, karena saat kamu mendapatkan cara yang tepat maka sinyal wifi akan lebih kencang dari sebelumnya. Walaupun tidak akan lebih kuat dari kapasitas wifi yang kami miliki.