Es Kopi Lebih Menyehatkan Daripada Kopi Panas

Es Kopi Lebih Menyehatkan Daripada Kopi Panas

Futatsunonamae –┬áMinum es kopi di hari yang panas seperti menemukan oasis di tengah gurun pasir. Namun, pernahkah Anda bertanya-tanya apa yang lebih sehat antara es kopi atau kopi panas? Manakah yang memiliki kandungan kafein tertinggi untuk memberi energi pada hari itu? Atau apakah mereka benar-benar sama? Temukan jawabannya di artikel ini.

Manfaat Kesehatan dari Minum Kopi

Terlepas dari cara penyajiannya, kopi sendiri pada dasarnya mengandung sejumlah manfaat kesehatan yang baik untuk tubuh. Minum kopi secara teratur dikatakan dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2, penyakit jantung, kanker, depresi, dan berbagai penyakit yang terkait dengan gangguan neurologis, seperti amyotrophic lateral sclerosis (ALS) dan penyakit Parkinson.

Sebuah laporan dari studi NIH-AARP Diet and Health menyatakan bahwa meminum secangkir kopi setiap hari dapat menurunkan risiko kematian dini hingga 6%. Minum 2-3 cangkir kopi bahkan dapat menurunkan risiko kematian dini hingga 10%.

Meski alasan manfaat kesehatan ini belum diketahui, para ahli kesehatan percaya bahwa kandungan antioksidan, polifenol, dan mineral kopi yang tinggi memainkan peran penting dalam hal ini.

Jadi mana yang lebih baik: minum es kopi atau kopi panas?

Profesor Epidemiologi dan Nutrisi di Sekolah Kesehatan Masyarakat Harvard T.H Chan, Frank Hu, MD. PhD mengatakan bahwa suhu seduhan kopi tidak berpengaruh terhadap kandungan nutrisi kopi. Kalau bicara soal rasa, tentu semua tergantung selera masing-masing individu.

Secangkir kopi hitam panas dan segelas es kopi memiliki kalori hampir nol dan tidak memiliki nilai gizi yang signifikan. Secangkir kopi hitam dan kopi dingin tanpa pemanis tidak mengandung karbohidrat, lemak, protein, atau makronutrien penting lainnya, seperti kalsium dan serat. Nilai gizi kedua versi minuman ini hanya akan berubah bila ditambahkan perasa atau pemanis.

Jika Anda ingin membandingkan mana yang memiliki kandungan kafein tertinggi antara es kopi dan kopi panas, sebenarnya sama saja. Hal ini dikarenakan es kopi awalnya dibuat dengan air panas yang kemudian ditambah dengan es batu. Tetapi efek kafein dalam es kopi akan terlihat lebih cepat daripada sebelumnya.

Selain itu, kebanyakan es kopi disajikan dengan sedotan. Minum melalui sedotan akan meminimalkan kontak langsung antara kopi dan gigi Anda, yang akan membantu mengurangi efek asam dari minuman yang menodai gigi Anda. Alhasil, gigi bisa tetap putih dan terawat.

Kopi dingin lebih baik dari kopi panas, tapi …

Es kopi adalah favorit banyak orang untuk melepas dahaga karena tidak hanya lebih segar, tetapi juga hadir dengan berbagai tambahan rasa dan variasi cara penyajiannya.

Jangan tergoda dengan sirup warna-warni dan krim kocok manis yang menghiasi es kopi Anda. Bahan kreatif jenis ini akan menggandakan nilai gizi dan kalori kopi hitam yang tadinya nol.

Belum lagi, es kopi biasanya disajikan dalam wadah yang lebih besar dari cangkir kopi panas. Tubuh Anda tidak akan merasakan manfaat kopi jika Anda mengkonsumsinya dengan cara ini, karena risiko kesehatan dari tambahan kalori dan gula lebih besar daripada manfaat kopi yang sebenarnya.

Agar bisa mendapatkan semua manfaat minum kopi dengan cara yang paling optimal, sebaiknya pilih kopi hitam tanpa gula atau pemanis lainnya. Baik dalam versi es krim, atau ditemani dengan uap panas. Anda juga perlu berhati-hati dengan porsi kopi harian Anda setiap hari. Pasalnya, minum kopi bisa menjadi senjata bagi kesehatan. Harga kopi juga lebih murah dibanding harga dr laser.