Jenis Kain Yang Sering Digunakan Untuk Bahan Pakaian

Jenis Kain Yang Sering Digunakan Untuk Bahan Pakaian

Futatsunonamae – Ada banyak jenis kain dengan tekstur dan sifat yang berbeda. Kain ini memiliki berbagai kelebihan dan kekurangan jika digunakan sebagai bahan pakaian sehari-hari. Terkadang pengetahuan tentang jenis kain pada garmen tersebut akan memudahkan untuk berbelanja terutama secara online.

Berbagai jenis zat tersedia di pasaran. Dari yang memiliki kualitas bagus dengan harga murah, hingga kain premium yang hadir dengan harga fantastis. Selain menyesuaikan budget, Anda juga bisa mempelajari lebih lanjut tentang jenis kain yang sesuai dengan kebutuhan pakaian Anda, sekaligus melihat kekurangan dan kelebihan dari jenis kain tersebut.

1. Kapas, jenis kain yang paling baik menyerap keringat

Nama zat ini harus diketahui. Ya, kain yang terbuat dari serat kapas ini dikenal sebagai jenis kain yang paling nyaman di kulit dan memiliki daya serap keringat yang baik. Bahan katun sering digunakan sebagai pakaian sehari-hari, baik berupa blus, celana panjang, rok, dll. Tak hanya itu, serat tekstil kapas dikenal memiliki serat yang kuat, sehingga kualitas kain bisa bertahan lama. Seiring dengan perkembangan teknologi, kain katun kini memiliki jenis yang berbeda-beda dan tidak lagi terbuat dari 100% serat alami. Artinya Anda bisa dengan mudah menemukan berbagai kain katun yang terbuat dari campuran serat kapas alami dan poliester. Tak perlu khawatir, meski ada blending ini, kapas tetap nyaman digunakan sebagai pakaian untuk aktivitas sehari-hari. Ada beberapa jenis kapas yang paling baik digunakan sebagai bahan daywear antara lain katun Paris, katun jepang, katun ima, katun linen, katun twill, kapas toyobo, dan masih banyak lagi.

2. Linen memiliki khasiat khusus

Terlihat seperti katun, tetapi rami adalah kain dengan kualitas terbaik dan memiliki sifat khusus. Anda dapat dengan mudah membedakan antara linen dengan serat yang dikandungnya. Kain flax adalah kain yang terbuat dari serat nabati rami alami, sehingga serat kain ini akan terlihat bersih dan kaku, namun memiliki tekstur yang lebih halus dibandingkan katun. Hal ini tentu saja berpengaruh pada harga jual linen di pasaran. Meski cenderung lebih mahal dari kapas, lingerie jenis ini memiliki kualitas yang tidak mengecewakan. Ada fakta menarik tentang zat jenis ini. Kanvas linen adalah kain yang pertama kali digunakan sebagai bahan untuk produksi pakaian. Tidak hanya itu. Semakin sering Anda mengenakan pakaian linen dan merawatnya dengan cara yang benar, pakaian dalam Anda akan semakin nyaman.

3. Denim mudah dibersihkan

Kualitas zat ini tidak perlu diragukan lagi. Kain denim adalah jenis kain yang terbuat dari serat yang sangat kuat, kasar, tetapi mudah dicuci. Seiring perkembangan zaman, denim bukan hanya indigo saat ini, tetapi juga tersedia dalam beberapa pilihan warna yang menarik, seperti hitam, abu-abu dan putih. Walaupun denim sama dengan bahan utama pembuatan jaket dan celana panjang, namun saat ini denim sering digunakan sebagai bahan utama pakaian sehari-hari, seperti blus, rok dan pakaian santai dengan ketebalan kain yang berbeda.

Sayangnya kebanyakan orang sering menyalahgunakan kanvas yang berasal dari Perancis ini. Kain ini sering disebut sebagai kain denim. Perlu diketahui bahwa jeans bukanlah nama dari kainnya, melainkan produk desain berupa celana denim yang dikeluarkan oleh brand Levis yang terkenal di dunia. Jadi jangan sampai salah nama zat lagi, um.

4. Drill cocok untuk bahan dasar

Tak hanya linen, kain drill juga memiliki bentuk yang menyerupai kain katun. Perbedaannya adalah kain untuk mengebor lebih tebal dari pada katun atau linen. Kain ini terbuat dari campuran tetorone dan rayon serta serat poliester. Karena lebih tebal dan cukup kaku, sebaiknya kain ini dijadikan bahan utama celana, culotte atau rok. Selain bagian bawah, kain bor sering digunakan sebagai seragam pekerja dan topi di pabrik. Bahan ini bisa juga dicuci di mesin laundry hotel

5. Kanvas anak jauh dari kata kaku dan kasar

Apa yang terlintas di benak Anda saat membaca kata “kanvas”? Kain kasar yang digunakan untuk mengecat dan membuat tas dan sepatu? Ya, kanvas terlihat kasar dan kaku, tetapi sebaliknya kanvas anak-anak. Meski kain ini jarang digunakan sebagai pakaian sehari-hari, tidak ada salahnya mencoba pakaian berbahan kain ini. Meski terasa sedikit lebih kasar dibandingkan jenis kain lainnya, kanvas untuk anak tetap nyaman di kulit, apalagi jika dipakai seharian.