Pengertian dan Syarat Menjadi Pengacara

Pengertian dan Syarat Menjadi Pengacara

Futatsunonamae –┬áMenurut Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2003 tentang Pengacara, Pengacara adalah orang yang profesinya memberikan jasa hukum, baik di dalam maupun di luar pengadilan yang wilayah kerjanya berada di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Singkatnya, jasa advokat dapat dipandang sebagai ahli hukum yang memiliki kekuatan untuk memberikan nasihat atau membela perkara di pengadilan.

Di industri keuangan, Anda membutuhkan pengacara yang benar-benar memahami keuangan dan cara kerja transaksi bisnis. Karena saran atau saran yang diberikan dalam setiap transaksi akan tercermin dalam pembukuan perusahaan.

Peran pengacara dalam bisnis

Kegiatan bisnis tentunya tidak terkecuali dari hukum yang berlaku. Baik bisnis besar maupun kecil harus mematuhi hukum. Misalnya, perjanjian kerja sama (kontrak) dengan mitra bisnis, penciptaan bisnis, lisensi, paten, hak cipta, merek dagang, merger, akuisisi, bahkan perjanjian kerja dengan karyawan. dan banyak lagi. Hal-hal tersebut harus diatur dan tidak terlepas dari hukum yang berlaku, karena warga negara yang baik harus mematuhi dan mematuhi hukum yang berlaku.

Jika tidak setuju dengan undang-undang, perusahaan berisiko menghadapi tindakan hukum atau tuntutan hukum dari pihak ketiga, seperti masyarakat, karyawan, mitra bisnis atau bahkan pemerintah. Apabila timbul suatu masalah, biasanya akan mengakibatkan terganggunya kegiatan usaha perusahaan, atau dapat membahayakan reputasi dan reputasi baik perusahaan, dan banyak hal lainnya yang menimbulkan kerugian ekonomi bagi perusahaan. bisnis.

Oleh karena itu, dibutuhkan advokat yang dapat menjaga suatu badan usaha agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Lingkup Pekerjaan Pengacara

  • Pastikan operasi bisnis Anda beroperasi sesuai dengan hukum yang berlaku.
  • Menghindari munculnya sengketa atau masalah hukum di kemudian hari.
  • Memberikan perlindungan hukum (pembelaan di dalam dan di luar pengadilan)
  • Ambil langkah-langkah untuk menghindari kerugian.

Apa syarat untuk menjadi pengacara?

Syarat menjadi Pengacara (Defender) di Indonesia diatur dalam Pasal 2 ayat (1) Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2003 tentang Pengacara, yaitu mahasiswa yang mendapat pendidikan hukum. lebih tinggi dan setelah menyelesaikan pelatihan khusus profesi hukum yang diberikan oleh organisasi advokat dan setelah masa magang di firma hukum / penuntut utama minimal 2 (dua) tahun.

Dasar Hukum:

  • Reglement op de Rechterlijke Organisatie en het Beleid der Justitie di Indonesia (Stb. 1847 Nomor 23 jo. Stb. 1848 Nomor 57
  • Undang-Undang Hukum Acara Pidana Nomor 8 Tahun 1981
  • Undang-Undang Pengacara No. 18 Tahun 2003
  • Keputusan Bersama Ketua Mahkamah Agung dan Menteri Kehakiman Republik Indonesia Nomor: KMA / 05 / SKB / VII / 1987; Nomor: M.03-PR.08.05 Tahun 1987 tentang Pemeriksaan, Tindakan dan Tata Cara Pembelaan diri Penasehat Hukum