Pengertian SEM atau Search Engine Marketing

Pengertian SEM atau Search Engine Marketing

Futatsunonamae – Selain SEO, ada metode lain yang dapat Anda gunakan untuk muncul di hasil pencarian. Metode ini adalah pemasaran mesin pencari (SEM). Apa Itu Search Engine Marketing dan Mengapa Anda Harus Berdoa?

Apa itu Search Engine Marketing (SEM)?

Pemasaran mesin pencari adalah praktik mengiklankan situs web dalam hasil pencarian. Hasil pencarian terdiri dari dua bagian yaitu organik dan periklanan. Iklan yang muncul di hasil pencarian dikenal sebagai Search Engine Marketing (SEM).

Hampir semua mesin pencari memiliki fungsi SEM, dari Google hingga Bing. Namun yang paling banyak digunakan adalah Google. Karena Google menguasai mesin pencari di seluruh dunia termasuk Indonesia.

Seperti yang awalnya diterapkan, SEM adalah praktik mengiklankan situs web. Jadi, untuk tumbuh lebih tinggi, Anda harus mengeluarkan uang.

Manfaat pemasaran mesin pencari

1. Anda dapat meningkatkan konversi

Poin sebelumnya, menurut Konsultan SEO Indonesia pemasaran mesin pencari adalah bagian yang dapat mengarahkan dan fokus pada konversi. Dibandingkan dengan SEO yang fokus pada lalu lintas organik untuk kata kunci populer dan relevan dengan bisnis, SEM melangkah lebih jauh. Pasalnya, pemberian kata target biasanya lebih spesifik dan detail dibandingkan SEO.

Misalkan SEM Anda dapat menggunakan variasi kata kunci yang lebih luas dan memiliki niat membeli yang lebih spesifik. Ini membuat pengunjung situs lebih spesifik. Dengan kata lain, tingkat konversi situs web yang Anda bangun lebih baik dan lebih tinggi daripada menggunakan SEO saja.

2. Meningkatkan kesadaran merek

Menggunakan SEM tidak hanya meningkatkan konversi tetapi juga membantu dalam meningkatkan kesadaran merek Anda. Menurut sebuah studi Google, SEM dapat meningkatkan kesadaran merek, yang bisa mencapai 80% dibandingkan dengan menggunakan produk SEO apa pun. Meskipun Anda tidak mengkliknya, orang tetap dapat melihat iklan di hasil pencarian yang mereka temukan.

Ini membuat pengunjung lebih cenderung mengingat jenis merek Anda saat mereka menelusuri kata kunci yang spesifik atau serupa. Selain itu, iklan yang Anda tayangkan muncul di aplikasi atau situs web yang pernah digunakan Google sebelumnya. Sehingga produk yang Anda miliki lebih dikenal dibandingkan produk lain yang tidak menggunakan SEM.

3. Tingkat penggunaan dapat disesuaikan dengan anggaran masing-masing

Mengiklankan bisnis ciuman seperti Google dapat membuat orang awam kehilangan uang. Tentu saja, karena Google adalah perusahaan besar dan terkenal di dunia. Padahal, pada kenyataannya, Anda dapat menggunakan pemasaran mesin pencari dengan biaya iklan yang sesuai dengan anggaran berapa pun.

Ada banyak pilihan paket yang mungkin melebihi anggaran Anda sebelumnya. Bagi Anda dengan anggaran yang sedikit dapat memilih paket yang lebih murah. Sebaliknya, Anda yang memiliki anggaran terbatas dapat memilih paket yang lebih mahal untuk hasil yang lebih memuaskan.

Dengan paket pilihan yang tepat untuk keuangan Anda, Anda tidak perlu takut untuk menggunakan SEM. Namun, ada juga yang ingin membeli paket yang bagus agar hasil yang diterima maksimal. Lagi pula, jika Anda memiliki pemasaran mesin pencari yang menjanjikan, penghasilan Anda bisa meningkat dari sebelumnya.

4. Sangat efektif menjangkau pelanggan lokal di suatu negara.

Jika Anda memiliki tujuan pemasaran untuk pelanggan lokal, menggunakan pemasaran mesin telusur lebih menarik secara fisik. Tidak heran ia memiliki tingkat konversi yang lebih tinggi. SEM ini memungkinkan Anda untuk mengukur audiens sedekat mungkin dengan perusahaan Anda. Misalnya Anda memiliki toko fisik, tentunya SEM akan mengunjungi pengunjung untuk membeli toko di lokasi terdekat.

Oleh karena itu, tidak mengherankan jika pemasaran mesin pencari adalah pilihan paling ideal untuk menentukan pelanggan lokal. Pemilihan kata kunci bisa diatur sesuai keinginan. Misalnya akomodasi murah di Indonesia, penyedia akomodasi terbaik di Jakarta, dll. Alhasil, bisnis Anda akan masuk dalam jajaran hasil pencarian terbaik di mesin pencari.

Haruskah saya menggunakan SEM?

Anda harus atau tidak boleh menggunakan SEM, tentu Anda bisa menjawabnya sendiri. Karena Anda sendiri memahami apa yang dibutuhkan situs web Anda. Semoga penjelasan dalam artikel ini akan membantu Anda mengambil keputusan.