Review HP OMEN 15, Rekomendasi Laptop Gaming 2021

Review HP OMEN 15, Rekomendasi Laptop Gaming 2021

Futatsunonamae – Ini sangat umum jika laptop game dirancang dengan profil yang kuat, logo yang mencolok, sudut melengkung, atau sudut kokoh di ujung bodi atau layar. Namun HP menggunakan pendekatan yang berbeda pada HP OMEN 15 versi 2020 ini. Tampilannya lebih simpel, tapi menurut saya diremehkan. Kesannya sebagai laptop game masih terasa dengan beberapa desain bersudut, selain itu juga cocok untuk laptop profesional. Logo OMEN di bagian luar tampak lebih elegan dengan efek gradasi hijau-biru-ungu yang menarik. Yang mengejutkan saya, banyak yang mengenali laptop ini padahal saya hanya mengunggah sudut tertentu di media sosial.

Hal ini tentunya menjadi hal yang positif terutama bagi HP karena produknya sudah memiliki fitur-fitur yang bagus. Laptop ini juga tidak terlalu tebal yaitu 2,25 cm. Laptop itu sendiri memiliki berat 2,37 kg – lebih berat dari laptop harian saya, yang kurang dari 1,8 kg. Masih tersambung ke adaptor AC yang beratnya sekitar 500 g. Mangkoknya terbuat dari kombinasi logam dan aluminium. Bagian luar tidak mudah kotor, begitu pula bagian dalamnya (meski ada celah kiri dan kanan antara layar dan keyboard). Layarnya terasa cukup kokoh dan bisa dibuka dengan satu jari. Sedangkan lubang udara ada di bagian belakang, samping kanan dan bawah. Catatan kecil yang tidak saya suka adalah desain bagian bawah touchpad, area yang akan menempel di telapak tangan atau pergelangan tangan. Sudut ini terasa cukup tajam, akibatnya jika tidak pada posisi yang tepat maka pergelangan tangan akan terasa pegal atau tidak nyaman. Tidak ada opsi keamanan Windows Hello dari kamera atau dalam bentuk sensor sidik jari.

Layar

Persaingan untuk smartphone andalan pada tahun 2020 saling menyukai kecepatan refresh yang tinggi untuk panel layar mereka, mulai dari 120Hz hingga 144Hz di berbagai flagships untuk game. Bagaimana jika fitur tersebut dibawa ke laptop? Dimensi layarnya adalah 15,6 inci, dengan resolusi full HD dan waktu respon 7 ms. Panelnya adalah IPS, menggunakan permukaan anti-silau dengan kecerahan hingga 300 jaring. Masih nyaman saat digunakan di bawah sinar matahari, meski tidak terlalu terang, dan mengandung 72% warna NTSC. Tepi di tiga sisi (kiri dan kanan atas) juga cukup tipis. Selain itu, bisa dibuka hingga 180 derajat.

Pada smartphone, refresh rate yang tinggi bisa dirasakan saat kita melakukan aktivitas seperti scrolling ke atas dan ke bawah pada aplikasi media sosial dan lainnya. Jadi Anda dapat merasakan kehalusan selain bermain game, menjelajahi situs web, atau bahkan membuat daftar program di menu Windows. Sebuah kemewahan pasti akan hilang jika saya kembali ke laptop konvensional dengan layar 60Hz.

Mungkin karena HP ingin laptop ini cocok untuk para pembuat konten, bukan hanya para gamer saja, jadi gateway yang dimilikinya sudah lengkap lengkap. Di sebelah kiri terdapat port pengisian daya, RJ-45, USB Type-A (yang mendukung HP Sleep and Charge), HDMI 2.0, konektor audio combo, dan pembaca kartu SD (ukuran penuh). Di sisi kanan, terdapat dua USB Type-A, Mini DisplayPort dan USB-C yang mendukung DisplayPort 1.4. Tingkat dukungan USB-A dan USB-C hingga 5 Gbps. HP OMEN 15 mendukung Wi-Fi 802.11ac (2 × 2) dan Bluetooth 4.2 untuk konektivitas. Tidak ada masalah khusus saat saya menghubungkan headphone TWS, baik saat mendengarkan musik atau konferensi. Untuk bagian ini, semuanya aman.

Laptop tercepat yang saya gunakan hari ini. Varian HP OMEN 15 yang saya ulas kali ini digerakkan oleh prosesor AMD yaitu Ryzen 7 4800H. Kecepatan clock dasar adalah 2,9 GHz, yang dapat naik hingga 4,2 GHz dan memiliki konfigurasi octa-core. RAMnya juga dual channel, menggunakan konfigurasi tipe 2 x 8 GB DDR4-3200, dipadukan dengan storage 512 GB PCIe NVMe SSD. Windows 10 Home Single Language 64-bit, meskipun laptop ini mengalami masalah seperti tersendat atau lag, tidak peduli berapa banyak tab di Chrome dan aplikasi kantor lain yang biasa saya gunakan setiap hari. Berbeda dengan HP Envy x360 yang terkadang terasa panas, HP OMEN 15 selalu menjaga suhunya.

Menurut duniamasa, laptop ini cocok sebagai rekomendasi laptop gaming terbaik 2021.