Ulasan OPPO Reno 4 Singkat

Ulasan OPPO Reno 4 Singkat

Futatsunonamae – Tak lama setelah rilis Reno3, OPPO kini telah merilis generasi terbarunya, Reno4. Smartphone terbaru dari OPPO ini terlihat cantik dan menawarkan beberapa update menarik. Dijual dengan harga $ 4.999.999, Reno4 adalah pilihan yang menarik di pasar ponsel kelas menengah dengan fitur kamera yang melimpah dan teknologi pengisian baterai terbaru dari OPPO, 3oW VOOC Flash Charge 4.0. Ada dua varian warna Reno4 yang dijual di Indonesia, yakni Galactic Blue dan Space Black. Pada review kali ini varian warna dari ponsel yang digunakan adalah Space Black yaitu hitam mengkilat. Jika bagian belakang dilihat dari sudut tertentu, Anda akan melihat logo monogram OPPO.

Ukuran ponsel ini cukup besar namun bobotnya hanya 165 g sehingga tidak cepat lelah saat digunakan dengan satu tangan. Selain itu, ponsel juga tidak terasa mulus di tangan. Bagian depan Reno4 diisi dengan layar berukuran 6,4″ yang menggunakan teknologi OLED dengan resolusi 2400 x 1800. Layarnya cukup cerah dan saya tidak kesulitan menggunakan ponsel ini di bawah terik matahari. Di kiri atas layar terdapat lubang untuk kamera depan dan AON Smart Sensor. Ukuran lubang kamera tidak terlalu tinggi sehingga tidak memakan tempat, namun posisinya bisa sedikit mengganggu saat ponsel digunakan untuk bermain game. Layar dilindungi oleh Gorilla Glass 5 dan pelindung layar plastik built-in dipasang. Kualitas pelindung layarnya cukup bagus, meski terasa agak kasar di jari. Jika Anda tidak menyukainya, pelindung layar dapat dengan mudah dilepas.

Di bagian bawah ponsel terdapat model optik pemindai sidik jari bagian bawah yang bekerja dengan cepat saat digunakan untuk memindai sidik jari saya. Di area samping ponsel, tersedia komponen standar seperti pengatur volume, tombol on / off, slot dual SIM card dan slot microSD terpisah, lubang speaker, slot USB-C untuk charging, dan headphone jack. Di bagian belakang ponsel terdapat area kamera di mana empat kamera ditempatkan pada Reno4 dan sebuah senter. Bagian belakang menggunakan material kaca dan dilindungi Gorilla Glass 3. Untuk dapur pacunya, Reno4 gencar menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 720G yang dipadukan dengan RAM LPDDR4x 8 GB. Kombinasi ini membuat ponsel lancar digunakan untuk berbagai aktivitas.

Reno 4 menggunakan sistem operasi ColorOS 7.2 yang dikembangkan oleh OPPO dan berbasis Android 10. ColorOS terbaru ini terlihat menarik dan sederhana dibandingkan dengan ColorOS generasi sebelumnya. Terdapat beberapa fitur menarik di ColorOS di Reno4, salah satunya adalah Smart Protection untuk menjaga keamanan data pribadi. Seringkali ada aplikasi yang memaksa akses ke data tertentu di ponsel kita, dan aplikasi tersebut tidak dapat digunakan tanpa izin ini. Dengan fitur ini, Reno4 akan memberikan data kosong ke aplikasi. Fitur menarik lainnya adalah Adaptive Sleep, di mana layar ponsel akan tetap aktif selama saya masih menatap ponsel, meski layar aktif sudah mencapai batas yang telah ditentukan dalam waktu lama. Ini berguna saat membaca sesuatu di jejaring sosial atau browser web, tanpa menyentuh layar ponsel.

Yang saya sesalkan dari Reno4 adalah tidak adanya kamera telefoto seperti pada generasi sebelumnya. Saya rasa kamera jenis ini lebih berguna daripada kamera makro. Dan juga penggunaan baterai ponsel sedikit boros saat digunakan secara aktif. Secara keseluruhan, Reno4 adalah pilihan yang menarik untuk ponsel kelas menengah dengan tampilan yang bagus. Fitur kamera yang melimpah, pengisian baterai yang sangat cepat, dan performa tinggi membuat ponsel ini sulit digunakan dalam berbagai situasi.

Sumber: Teknoride